Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Senin, April 16, 2007
Buku2 Kontroversial
Akhir-akhir ini banyak sekali buku-buku yang seolah menggugat kebenaran akan Kekristenan termasuk kebenaran akan keilahian Yesus sendiri. Di ranah fiksi sudah tak terhitung banyaknya, dipelopori oleh Da Vinci Code (DVC) nya Dan Brown hingga berpuluh buku yang senada dengan DVC.

Buku-buku sejenis juga kini mulai bertaburan di ranah non fiksi. Kebanyakan ditulis secara ilmiah oleh para pakarnya. Sebut Saja Injil Yudas, Misquoting Jesus- , dan yang terbaru Yesus Dinasti – James Tabor.

Tak seperti buku fiksi, buku2 ini mengundang kepenasaran saya untuk membacanya.
Berkat kebaikan Pak Nung (Marketing GPU) saya memperoleh ‘buku contoh’ Dinasti Yesus’ . Belakangan buku ini cukup heboh sampai2 Majalah tempo minggu lalu mengulasnya di lembar “Iqra”.

Bersyukur karena terbitnya buku2 yang menggugat kebenaran kekristenan tidak ditanggapi secara emosional, melainkan ‘dilawan’ kembali dengan buku-buku. Saya rasa ini sangat baik, biarlah pembaca menilai sendiri dengan membaca buku-buku tersebut, manakah yang mereka yakini ? Itu tergantung dari pemahaman si pembaca.

Salah satu buku yang ‘berlawanan’ dengan Dinasti Yesus adalah buku karya Craig A Evans, yang sudah diterjemahkan oleh Penerbit Andi dengan judul “Merekayasa Yesus”.
Kebetulan waktu jalan-jalan ke Gramedia saya lihat buku ini, dan saya beli.
Saya tidak akan mengomentari dulu mana buku yang saya anggap benar menurut pemahaman saya…biarlah saya membacanya terlebih dahulu….

@h_tanzil
posted by htanzil @ 4/16/2007 03:08:00 PM  
3 Comments:
  • At 10:55 PM, Blogger Dave said…

    Buku menarik:

    http://hedonese1.blogspot.com/2007/02/betulkah-itu-makam-yesus.html

     
  • At 3:57 PM, Blogger ARMANSYAH said…

    Mungkin sebagai pelengkap, bisa juga dibaca buku "Rekonstruksi Sejarah Isa al-Masih : Sebuah Pelurusan Sejarah & Jawaban untuk Dinasti Yesus", Penerbit Restu Agung, 2008

     
  • At 4:02 PM, Blogger ARMANSYAH said…

    Maaf, saya lupa memberi referensi dimana buku itu bisa dibeli.

    http://www.tokogunungagung.co.id/index.php?go=book_search&event=1&plu=445024&start=0

     
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER