Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Kamis, Mei 27, 2010
[BUNTELAN BUKU] : Kaars - Willem Elscschot
Buntelan kali ini dari Penerbit Gramedia, sebuah buku mungil, tidak terlalu tebal tapi covernya betul2 eye catching, minimalis dengan sapuan warna kuning cerah , judulnya juga unik "Kaas" atau Keju.

Kaas adalah novel karya penulis kelahiran Belgia, Willem Elschot (1882-1960). Kaas (1933) adalah salah satu karyanya yang terkenal selain Lijmen (1924), dan, Tsjip (1934), dan Het Been (1938). Tema utama yang sering diambilnya adalah bisnis dan kehidupan keluarga. Gaya menulisnya memiliki ciri deskripsi mendetail dan sedikit sinisme. Elsschot meninggal di Antwerpen pada 1960. Setelah kematiannya, ia menerima penghargaan sastra nasional.

Kaas (Keju), adalah sebuah roman klasik pendek Sejak diterbitkan tahun 1933 roman ini telah berpuluh-puluh kali dicetak ulang dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Pada tahun 2008 Dick Matena, seorang ahli gambar Belanda, membuat 119 ilustrasi bedasarkan buku ini dan membuatnya menjadi sebuah roman bergambar.

Novel Kaas ini diterbitkan atas kerjasama Penerbit Gramedia dengan Erasmus Huis (pusat kebudayaan Belanda di Indonesia) dalam rangka peringatan 40 tahun Erasmus Huis di Indonesia (1970-2010). Buku yg kini terbitkan oleh Gramedia ini adalah terjemahan dari novelnya, semoga kelak Gramedia juga akan menerbitkan edisi roman bergambarnya.

Terima kasih untuk Mbak Ade (Tri Marganignsih) dan penerbit Gramedia yang selalu setia membuntelkan buku2 gramedia yg bagus2 untukku

Berikut deskripsi novelnya

Judul : Kaas (Keju)
Penulis : Willem Elsschot
Penerjemah : Jugiarie Soegiarto
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Mei 2010
Tebal : 176 hlm ; 11 cm

Frans Laarmans pegawai biasa. Karena merasa kariernya sudah mandek, ia pun mencoba berbisnis keju. Ia tidak ingin kehilangan pekerjaan utamanya, sehingga saat memulai usaha ini, dengan stok pertama 10.000 keju Edam, ia cuti sakit dari kantor.

Namun berdagang ternyata tidak mudah. Kejunya tidak laku.

Ketika bos kejunya, Mijnheer Hornstra, mengabarkan akan datang menemui Frans, Frans pun mulai panik.

----***----
posted by htanzil @ 5/27/2010 12:41:00 PM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER