Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Kamis, Juni 03, 2010
Berbagi Referensi untuk Publik

Ketika pendiri perpustakaan Rumah Buku, Ariani Darmawan melanjutkan sekolah seni di Chicago pada medio 2000. Ia heran, ketika akses publik terhadap informasi di negara maju sangatlah terfasilitasi. Salah satunya adalah masifnya pertumbuhan perpustakaan kota, yang tumbuh di setiap penjuru kota. Rumah Buku yang didirikan pada 2003, memang hanya bermodal semangat berbagi. Ia ingin membuat satu alternatif pusat referensi, di mana setiap orang bisa mengakses dengan mudah. Apalagi, di Indonesia persoalan akses merupakan hambatan paling utama dalam memperoleh informasi.

Dengan koleksi buku-buku mayoritas impor, Rumah Buku pun dibangun terbuka untuk publik. Untuk membaca di tempat, publik tak dikenakan biaya. Kecuali, untuk meminjam buku harus menjadi anggota terlebih dahulu. Berawal dari buku koleksi pribadi sekitar empat ratusan buku, kini koleksi Rumah Buku kini mencapai ribuan buku dengan anggota mencapai sekitar 1200-an.

"Yang paling penting dalam dunia perpustakaan yaitu publik bisa mengakses. Ketika perpustakaan lain tidak menyedia-kan buku-buku humaniora berbahasa Inggris nah, di tempat kami menyediakannya," kata pengelola Rumah Buku, Budi Warsito.

Kini, Rumah Buku menjadi pilihan publik ketika ingin mengakses buku-buku berbasis humaniora dalam bahasa Inggris. Selain itu, disediakan pula perpustakaan film-film art-cinema dan perpustakaan musik, baik dalam genre musik popular maupun etnik-kontemporer.

Salah satu akses yang dimanfaatkan untuk memperoleh dan menyebarkan informasi yaitu internet. Sementara internet sebagai ruang publik, menjadi medan yang otonom bagi publik untuk memanfaatkannya termasuk dalam dunia perpustakaan. Setelah maraknya dengan perpustakaan digital, di mana suatu perpustakaan yang berkonvergen dengan dunia internet. Kini, di tengah semaraknya perkembangan teknologi informasi, kita bisa mencermati maraknya perkembangan perpustakaan online. Perpustakaan jenis itu menyediakan pelbagai jurnal penelitian, electronic books (e-books), hingga makalah-makalah baik secara gratis maupun berlangganan `hanya, di internet. Publik bisa mengunduhnya kapan pun jua dan di mana saja. Penyebaran informasi yang mendobrak batas akses terhadap publik disinyalir memberikan otonomi kepada publik, untuk meraih informasi yang dibutuhkannya.

Salah satunya adalah perpustakaan online yang beralamatkan di www.pustaka-ebook.com. Menurut data profil yang tercantum dalam situs tersebut, perpustakaan online ini dibangun oleh satu perpustakaan pribadi bernama Perpustakaan Hanan yang berlokasi di Medan. Perpustakaan ini dalam rilisnya, diharapkan menjadi media yang dikelola secara online untuk berbagi alternatif bahan bacaan untuk publik, yang menggemari dan intens di dunia komputer. Tajuk perpustakaan ini sendiri yaitu "Download Ebook Gratis, jurnal, artikel, essai, resume, etc.".

Konten yang disajikan dalam perpustakaan online ini memang mayoritas berisi tips dan trik di dunia komputer, yang diunduh dalam format PDF. Ada juga pelbagai artikel dan essai, serta resensi-resensi buku. Jangan khawatir soal hak cipta, dalam perpustakaan online sudah ada pedoman mengenai hak cipta, yang bisa dibaca oleh publik yang mengakses situs tersebut.

Rumah Buku dan www.pustaka-ebook.com merupakan secuil contoh perpustakaan, yang dilandasi semangat berbagi entah menggunakan berbagai media apa pun. Sebab, baik itu dalam dunia nyata maupun dunia maya, semangat berbagi informasi dan menyebarkan pendidikan merupakan poin penting dalam dunia perpustakaan.

"Semangat untuk berbagai informasi dan referensi adalah salah satu akses pen-ting dewasa ini dalam menyebarkan pendidikan," ujar Budi Warsito memaparkan pandangan filosofisnya soal dunia perpustakaan.

(Idhar Resmadi, mahasiswa Unpad) ***

http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=142809
posted by htanzil @ 6/03/2010 12:49:00 PM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER