Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Jumat, Juni 22, 2007
Buntelan dari Ecole
Saya baru saja menerima sebuah paket buku kiriman Forum Jakarta-Paris, Ecole Francaise d'Estreme-Orient (EFEO).

Bukunya berjudul :

Ribuan Gunung, Ribuan Alat Batu
Prasejarah Song Keplek,
Gunung Sewu, Jawa Timur

Penulis : Hubert Forestier

Kata Pengantar : Prof. Dr. Harry Truman Simanjuntak (Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional International Center for Prehistoric and Austronesia Studies/ICPAS)

Buku ini merupakan buku Seri Terjemahan Arkeologi No. 7, diterbitkan bersama oleh KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) dan EFEO.
Bagi pemerhati sejarah khususnya arkeologi, buku ini menarik, selain format ukurannya yang besar : 21 x 29.7 cm, buku ini dicetak diatas kertas art paper / glossy sehingga sektiar seratus ilustrasi dan foto-foto, skema, peta, dll yang menghiasi buku ini tersaji secara sempurna.

Menurut deskripsi di sampul belakangnya, buku ini menawarkan perjalanan dalam waktu, dan membawa kita ke masa sekitar 8.000 tahun yang lalu di daerah sekeliling gua Song Keplek - Gunung Sewu (Jatim).
Buku ini membahas dan menganalisa temuan benda2 arkelologis alat-alat baru berupa serut samping, serut ujung, serut gerigi, dll. Selain membuat kita memahami bagaimana benda-benda ini dibuat, metode analisis yang digunakan oleh penulisnya ditujukan pada pendekatan konseptual budaya kebendaan dalam prasejarah sehingga fosil yang berada dalam setiap benda-benda arkelologis itu seolah bisa berbicara pada kita.

Tetnang Penulis.

Hubert Forestier , doktor prasejarah dari Museum National d'Histiore Naturelle (Institut de Paleontologie Humaine, Paris), adalah seorang peneliti di Institut de Recherche pour le Developpement (IDR/UR 092) sejak tahun 1999. Dia seorang arkeolog lapangan tetapi juga seorang ahli di bidang alat-alat Litik asia tenggara. Dia sering melakukan penelitian di sejumlah besar negara Asia dan telah tinggal bertahun-tahun lamanya di Indonesia. Peneliatian-penelitiannya yang terbaru menelah kebudayaan Hoabinhian di P. Sumatra, di P. Nias dan di Thailand.

Demikian, postingan ini bukan iklan, bukan pula resensi, namun sekedar menginformasikan pada kawan-kawan pemerhati sejarah / arkeologi yang mungkin memerlukan buku ini sebagai bahan referensi.

Terima kasih untuk Pak Henri Chamber Loir dan kawan-kawan di Forum Jakarta Paris-ECOLE yang berkenan mengirimkan buku berharga ini untuk saya.

@h_tanzil

posted by htanzil @ 6/22/2007 02:57:00 PM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER