Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Selasa, Juli 10, 2007
Tayang Bareng Bikin Senewen
Teman-teman di milis RSJ punya ide gila, ingin mengulas novel Middlesex – Jefrey Eugenides dan menayangkan resensinya secara serentak di blognya masing-masing. Rencananya bisa tayang di 6 blog sekaligus !! ( perca, kobo, Q, Jody, Ferina, Tanzil ). Memang kalau bisa terwujud, ini merupakan rekor tersendiri, kalau tidak salah kita baru pernah tayang serentak waktu membahas novel Out – Natsuo Kirino dimana 4 blog tayang bareng (Perca, Kobo, Jody, Tanzil).


Jujur aja, waktu ide ini ditelurkan, aku agak ragu. Maklum waktu bacaku benar-benar terbatas karena begitu sampai dirumah aku biasanya selalu main dengan Sherine hingga dia tertidur. Jadi paling2 aku bisa membaca selama 2 jam seharinya, itupun kalau tidak ada kesibukan lain di rumah.


Untungnya Middlesex bukan buku yang sulit dicerna, walau novel ini setebal bantal (800-an hal) dan peraih putlitzer award, namun novel ini enak dibaca. Salut untuk antie yang terjemahannya pancen oye! Mulailah aku membaca, seperti kuduga kecepatan membaca teman-teman kutubukugila benar-benar luar biasa, aku semakin tertinggal jauh, bahkan suz maria bisa menyelesaikan novel tersebut hanya dalam waktu 3 hari….!!!!!!!!!


Belum lagi ditambah Jody yang baru saja aku di hal 200-an dia sudah selesai dan sudah siap dengan resensinya, jadi dia tinggal tayang…waks! Benar-benar kutubukugila!!!!
Untunglah seminggu sebelum date line Sherine diculik oleh Oma-nya ke Purwokerto, jadi tiap pulang kerja aku langsung membaca, membaca dan membaca.…


Hari Sabtu tgl 7 Juli aku masih ada di hal 600-an. Sempat pesimis tidak akan selesai hingga batas waktu (tgl 9) yang telah ditetapkan. 2 hari itu sms dari antie, dan endah menyemangatiku untuk segera melahap habis novel gemuk itu. Malahan Endah mengancamku untuk mencopot gelarku sebagai Rahib Buku jika aku gagal tayang bareng…J


Karena Minggu pagi terpotong untuk ke gereja hingga siang, lalu ke pameran buku di PJV, praktis aku baru mulai membaca sore harinya. Aku terus membaca….membaca….sampai ketiduran di halaman 700-an sambil memeluk novel middlesex. Besoknya, aku bangun subuh, setelah menyelesaikan ritual pagi dan menyiapkan diri untuk berangkat ke kantor aku baca lagi….dan akhirnya…. tamat!!!!!!!


Sempat ragu juga apakah aku sanggup membuat ulasannya hari itu juga?
Biasanya sebelum buat ulasan aku selalu browsing di Net untuk memeperkaya ulasanku, kali ini tidak sempat, sesampai di kantor sebelum mulai jam kerja, ketika kantor masih sepi mulailah aku mengetik, cepat saja……lalu kerja…dilanjutkan lagi saat jam istirahat….dan akhirnya selesai !!!!!!


Naskah sudah siap, tinggal di upload ke blog……


Ketika buka blog…Arrghhh!!!!!!! Aku gak bisa login di blogspot !, entah kenapa apa server internetku di kantor bermasalah…? Aku terus mencoba, berkali-kali…..berkali-kali….dan gagal!
Akhirnya kuputuskan untuk mengirim naskah ulasanku ke Kobo, bukankah dia yang selama ini merenovasi blog-ku ? Bukankah dia satu-satunya yang tahu password untuk masuk ke blog-ku ?


Akhirnya aku minta tolong kobo untuk mempostin ulasanku ke blog-ku. Kukirim sms permohonan padanya……kobo menyanggupinya, tak berapa lama kemudian……jreng!!!!!!! Middlesex tayang juga di blog-ku, mengiringi blog2 lain yang sudah tayang duluan, mulai dari Jody, Kobo, Q, dan Endah.


Maka siang itu pecahlah rekor tayang bersama…5 blog buku !!!!!!!!!


Selesailah sudah…..


Argh! Proyek tayang bareng ini bikin aku senewen nih…..! baru deh rasanya aku baca buku kayaq dikejar-kejar date line untuk laporan kantor !!!!!


Apakah aku akan ikut tayang bareng lagi kalau ada buku menarik lainnya…?????


Nggak janji ah….soalnya mengurangi kenikmatan membaca…masa baca buku koq kaya dikejar setoran…he..he…

@h_tanzil



salam,

h_tanzil

posted by htanzil @ 7/10/2007 03:25:00 PM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER