Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Senin, Juni 21, 2010
[BUNTELAN BUKU] Serangan Jepang ke Hindia Belanda Pada Masa PD II 1942 : Perebutan Wilayah Nanyo
Berawal dari status Mas Din (Syafruddin Azhar) di FB kl beliau sedang diajak diskusi oleh seoang Jenderal senior soal buku Sejarah Militer akhirnya saya baru tahu kl Prenada sudah menerbitkan buku seri Sejarah Militer yang ditulis oleh Letjen TNI (Purn) Himawan Sutanto dkk pada 2009 dan telah dicetak ulang pd Maret 2010 yg lalu

Komentar2 antara aku dan Mas Din akhirnya berujung pada niatan Mas Din untuk memberikan buku seri pertama Sejarah Militer itu kepadaku..oow! langsung saja saat itu aku berteriak (dalam hati) kegirangan..hehe.

Ternyata apa yang dijanjikan Mas Din itu segera terwujud. Selang beberapa hari saja sebuntel buku dari Penerbit Prenada sampai ke tanganku. Dan akupun melakukan ritual berjoged-joged ria sambil memegang-megang buku itu, tak lupa aku pamer ke istriku dan sms sahabat terdekat untuk berbagi kegembiraan karena memperoleh buku yang bagus dan bermutu ini.

Buku setebal 488 halaman ini tampaknya dipersiapkan dan dikemas dengan sangat baik, kualtias cetak dan lay outnya enak dibaca. foto2nya tersaji dengan jelas, bahkan beberapa foto dan ilustrasi tersaji secara full colour! Menarik! Rencananya seri ini akan terbit dalam dua atau tiga jilid.

Menurut pengakuan sang Editor buku ini, walau ini buku serius tapi ditulis secara menarik dan narasinya, tidak membosankan seperti buku pelajaran sejarah. Bahkan buku ini , "Dikisahkan seperti novel (thriller) sejarah yang menegangkan (seperti film Hollywood)", imbuhnya.

Penasaran? Berikut deskripsi buku ini :

Judul : Serangan Jepang ke Hindia Belanda Pada Masa PD II 1942 : Perebutan Wilayah Nanyo
Penulis :
Letjen TNI (Purn) Himawan Soetanto, MM., M.Hum
Mayjen TNI (Purn) Bantu Hardjijo, SIP
Brigjen TNIAgus Gunaedi Pribadi
Penerbit : Prenada Media Group
Cetakan : II, Mei 2010
Tebal : xxxvi, 488 hlm

Buku Serangan Jepang ke Hindia Belanda pada Perang Dunia II 1942 : Perebutan Wilayah Nanyo menghadirkan rangkaian fakta penting sejarah invasi dan pergerakan militer Jepang di Asia umumnya, Hindia Belanda khususnya dlam mewujudkan ambisi “Asia Timur Raya”.

Analisis sejarah tersebut menguak adigum klasik militer bahwa keterpaduan antara kekuatan, kecermatan perencanaan, dan ketajaman intelejen di bawah komando yang efektif mampu mengantar Jepang meaklukkan wilayah Nanyo (Samudera Selatan)

Dibagi dalam tiga belas bab. Bab demi bab merupakan rantai kesatuan dari latar belakang historis ambisi pembentukan Asia Timur Raya, situasi dan kondisi Jepang menjelang perang, proses, perencanaan, dan pelaksanaan seranga Jepang pada 8 Desember 1941 ke Pearl Harbor, hingga serangan kilat Jepang ke Nanyo dan Filipina dan reaksi serta strategi ABDACOM terhadap ekspansi militer Jepang

**--**

@htanzil
http://bukuygkubaca.blogspot.com
posted by htanzil @ 6/21/2010 01:32:00 PM  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER