Aku dan Buku

Catatan tentang dunia buku

Rabu, Juli 07, 2010
[BUNTELAN BUKU] : Balada Ching Ching dan balada lainnya - Maggie Tiojakin
Sebuah buku kumpulan cerpen dengan cover bergaya minimalis yang menarik dibuntelkan oleh penulisnya langsung kepadaku (big thank's for Ms Maggie) . Selain cover yang menarik, judulnya pun menarik dan mudah diingat yaitu "Balada Ching-Ching, dan balada lainnya"

Penggunaan kata 'balada' sebagai judul buku memang membuat penasaran. Kata 'balada' sendiri membuat seolah kisah2 dalam buku ini mengandung kesedihan. Betulkan? Saya belum bisa berkiomentar banyak karena baru membaca dua cerpen dalam buku ini y.i "Balada Ching2" dan "Anatomi Mujizat", dan keduanya memang terkesan sedih.

Buku ini berisi 13 buah cerpen, 7 cerpennya pernah dimuat di berbagai media cetak seperti di Kompas, Femina, dan beberapa media berbahasa Inggris seperti Jakarta Post, Writer Journal, dll. Jadi beberapa cerpen dalam buku ini merupakan terjemahan dari versi Inggrisnya.


Lalu siapa Maggie Tiojakin?

Tak banyak disebutkan dalam buku ini, yang pasti Maggie adalah kontributor Jakarta Post, dan penulis kisah pendek. Buku ini adalah buku keduanya, buku pertamanya berjudul "Homecoming" yg terbit pada 2006 oleh Mathe Publication.

Berikut deskripsi lengkap buku ini :

Judul : Balada Ching-Ching dan balada lainnya
Penulis : Maggie Tiojakin
Penerbit : Gramedia Psutaka Utama
Cetakan : I, Juni 2010
Tebal : 175 hlm

Ching-Ching adalah seorang gadis keturunan. Ia selalu dijadikan bulan-bulanan di sekolah. Ayahnya seorang pedagang kwetiau pinggiran. Ini adalah baladanya, juga balada manusia lainnya.

Masing-masing kisah dalam koleksi fiksi pendek ini merupakan sebuah vignet tentang apa artinya menjadi manusia biasa—yang sakit, sedih, senang, hidup, mati, gila, waras. Lebih dari itu, dunia fiksi yang dipersembahkan dalam koleksi ini sungguh mewakili kegelisahan internal semua orang, di mana karakter-karakternya tumbuh dewasa lewat kegagalan dan kekeliruan, obsesi dan pilihan, harapan dan keputusasaan.

***

“Maggie adalah penulis global yang serius dan … sanggup mencerminkan pergulatan pribadi saat dihadapkan pada pertanyaan moral.”
—Duncan Graham, The Jakarta Post

“Maggie Tiojakin menawarkan kisah kehidupan lewat prosa yang kaya makna, irama, serta mempunyai kekuatan untuk menarik para pembaca ke dalam dunia karakternya.”
—Eastown Fiction, jurnal sastra online berbasis di Michigan, AS


***

@htanzil

http://bukuygkubaca.blogspot.com

posted by htanzil @ 7/07/2010 11:58:00 AM  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 










Pemilik Pondok
Sang Pemilik : htanzil
Tinggal di : Bandung, Indonesia
Rumah Utama : Buku Yang Kubaca


Lihat Profil Lengkap
Jam Dinding

Ruang Bicara


10 Tulisan Terbaru
Rak Penyimpanan
Jaringan
Serba Serbi

Free Blogger Templates



BLOGGER